21 July 2008

BongkaR dinamo starter Thunder125 koe

Hiks...story lagi about Thunder125 gw,

Motor Thunder tiba-tiba ngga bisa distarter, yang terdengar hanya cetak cetik..cetak cetik..saat tombol start di pencet, periksa semua...Aki = OK, Sikring = OK, Kabel semua oke... karena sebelumnya masih greng tuh motor, ngga ada gejalan aneh sebelumnya di motor, Dorong dulu deh untuk sementara, asumsi sementara menurut feeling gw sepertinya bendik starternya yang kena neh...ga kuat ngalirin arus untuk mutar tuh dinamo starter.
Minta pendapat dan saran dari beberapa teman, karena berdasarkan umur thunder125 versi 1 gw hehehehe yang udah 3 Tahun lebih, biasanya arang dinamo starter yang habis. Berangkatlah ke BERES untuk hunting Arang Dinamo. Akhirnya dapetlah di BERES Suzuki Rp.100rb berikut tempat dudukan bawahnya.


Dibongkarlah Dinamo Starter, bermodalkan kunci 8 ring. Terbuka juga tuh Dinamo starter.
Buat yang mau buka Dinamo starter, gampang koq. sekedar sharing, yangkemaren gw lakuin adalah Sebagai berikut langkahnya;
  • Lepas kabel yang ke dinamo starter dengan obeng + (plus).
  • Buka 2 Baut yang ada disamping dengan kunci 8, lalu tarik pelan-pelan hingga lepas dari crankchase nya.
  • Ada 2 buah baut 8 panjang lagi disamping bagian atas lagi (gunakan kunci 8 modelLetter T).
  • Lepas bagian bawahnya, ketok kearah bawah agar bagian bawah dinamo starter bisa terlepas. Hati-hati didalamnya ada 4 buah Per yang kemungkinan bisa terlepas dan hilang.
Biasanya saat membeli arang (brush) dinamo starter ini tidak disertai pernya.
  • Masukkan per kesela dalam celah, lalu kemudian arang(brush) dinamo diselipkan pula diselanya, agar tidak terlepas kawat tembaganya agak ditarik sedikit agar brushnya tertahan. lakukan Hal yang sama kepada 3 yang lainnya.
  • Setelah semua terpasang masukkan lagi gulungan dinamo , diposisi tengah diantara 4 arang(brush) dinamo tadi. Jangan lupa untuk dikendurkan kembali kawat tembaganya agar arang(brush) menempel dikutub gulungan dinamo. Sebelumnya semprotkan dulu cairan pembersih 4WD, atau cleaner lainnya agar kutub bersih kembali dan bisa lebih maksimal.
  • Pasang dan kencangkan kembali semua baut, dan pasang kembali ke posisi awal.
  • setelah semua terpasang dengan baik. Coba nyalakan....

Kembali ke motor Thunder gw, Setelah melalui ritual tersebut sibiru tetep ga bisa starter. Karena masih penasaran dan daripada salah membeli part lagi, ijin sama temen yang kebetulan punya Thunder V.1 yang masih standar tapi masih oke. dan Hasilnya Greng, tuh Motor biru langsung nyala tanpa ada kesulitan. Ternyata benar apa bendick starter gw yang dah lemah. AKhirnya ga lama langsung ke Beres, tapi sayang bendik yang gw cari ga ada. Berangkat lagi ke Cibubur ke Toko Khusus Sparepart nemunya walau bukan yang seperti aslinya bentuknya KOTAK, tapi sudah bulet seharga Rp.70 rb (original). Kucoba dan Akhirnya sembuh lagi tuh Motor Thunder125 V1.
Memang masalah bendik starter ini jarang terjadi, lebih sering Arang (brush) dinamo starter yang sering habis sehingga ga bisa starter tuh motor. Itung-itung nambah ilmu dari pengalaman, akhirnya bisa bongkar dan tau isinya dinamo starter, pasang arang(brush) dinamo, walau semua karena memang terpaksa hehehehehehehe.....


Thanks Tia (setiaji) yang bendiknya gw pinjem....
motornya V1 blackThunder125 tp semuanya masih greng, cuma baru ganti Aki aja kemaren katanya.
Thunder V1 gw juga gitu belum ada yang ganti....baru bendik doang neh. Semua part masih Original from Pabrik. kecuali aseso ya hehehehehe.

Thunder125 V.1 ternyata memang lebih bandel koq, asal semua dirawat dan selalu dicek/servis semua partnya. Banyak Kelebihan part di V.1 yang semuanya masih asli from Japan...
cek aja tuh TCI V.1 sama Versi setelahnya...yang V.1 masih from JAPAN yang setelahnya udah bukan dari sana lagi..Taiwan kalo g salah.






Never Give Up when Ur bike on the Trouble.
Learn from the experience it means alot for us.

5 comments:

Setiaji said...

Ok Bro...ntu thundie jarang dimandiin tapi tok cer. Kagak nyesel gw beli thunder 125.

Syuaa said...

Nasip yang sama bro. Ane baru kena masalah itu. Tapi karena megang obeng aja bisa lecet hidung gue (ga tahu gimana caranya tuh) akhirnya gue bawa aja ke bengkel. Wal hasil kesimpulannya magnet dinamonya coplot. Ga kebayang gue bawa motornya se enjet2 apa sih, ampe bisa coplot gitu. Finally sekarang gue lagi nyari dinamo starter untuk si hitam gue. :( denger2 sih mahal katanya ya...

service sofa and furniture said...

nice share..

dynamo ane belum bener jg tu.. 2 minggu setelah ane beli, tu thunder masih ok2 aja staternya. abis itu g mo lg. cuma bunyi bletak-bletak di bandeknya. w ikutin lah saran Om koerozyx sesuai artikel d atas. tapi yang saya heran, ko ga ada pernya y di dynamo ane? tapi areng masi tebel & kotak? seribu tanda tanya beterbangan di kepala ane (kaya film cemen) berhubung blm gajian sampai detik ini, terpaksa di pending dulu. maklumlah.. org susah. sudah biasa ngengkol pake kaki, ampe gede sebelah tu betis. hiaaahaa.. thanks alot atas sheringannya. semuga dapet pahala.

Btw, yg Ori SGP
400rb, klo KW 150an.
klo saran ane tes dlu bendiknya dng cara copot kabel yg nempel di dynamo starter, tempelin di block mesin sambil pencet tombol starter. klo ada percikan apinya, berarti bendik masi OK. tapi hati2 kesetrum, listrik yg keluar dari bendik tegangannya guede. cukup buat ngagetin nenek2.

Unknown said...

Sebelum lepas dinamonya, di kluarin dulu gak bang oli mesinnya?

Alpon J said...

Bro kalau dinamo jalan di thunder ada ga?