13 February 2008

Hati Hati Saat Cek Busi Motor Injeksi!!

Biasa kita ngecek busi motor dengan mencopot busi terus diode busi ditempelkan ke blok terus disela/distarter. Tapi cara ini berbahaya untuk motor yang menggunakan injeksi, karena bisa menyebabkan kebakaran atau meledak, seperti Supra FI atau V-ixion. Karena bahan bakar pada motor injeksi bertekan tinggi, contohnya di Supra FI tekanan pompa bahan bakarnya mencapai 294 kPa sekitar 3 Bar alias 3 X tekanan Atmosfir atau 1,5 X dari rata-rata tekanan udara di dalam ban belakang motor. Nah begitu distarter kabut bahanb baker mudah keluar dari lubang busi yang mana disana ada percikan busi yang lagi kita tes. Gawat kan….hehehhehhehee bisa timbul ledakan atau api yang bisa menyebabkan kebakaran…..hiiiiii..seyem ach….
Berikut cara ngeceknya :

Diagnostic Tools
Makanya untuk motor injeksi ada alat khusus yang namanya FI Diagnostic Tools yang harganya lumayan sekitar 500rb, biasanya hanya ada di Bengkel resmi . untuk mengecek atau mendiagnosa motor Injeksi. Untuk mengecek busi dengan alat ini ; Masuk kemode Diagnosa lalu pilih kode Diagnosa D30, lalu tekan MODE, busi akan memercik 5 kali tapi tanpa ada bahan baker dari injeksi yang keluar atau terpompa dari injector, jadi lebih aman.
Tanpa alat Bantu
Pada Supra FI bisa juga dilakukan dengan mencopot soket pompa bensin.

Copot Soket pompa bensin yang ada ditangki terlebih dahulu, lalu nyalakan motor tunggu sampai motor mati dengan sendirinya, berarti bahan bakar yang ada di injektor sudah habis. Lalu baru bisa kita coba tes businya dengan cara biasa.
Atau bisa juga dengan menggunakan busi lama yang digunakan untuk menutup lubang busi agar tidak ada kabut bahan bakar yang menyembur keluar.




ref&photo : Oto+

No comments: