06 February 2008

Merawat Kabel pada Motor

Sering kali kabel gampang putus, karena Kawat yang beada didalam slang terlalu kering, yang karena terjadi gesekan-gesekan yang menyentuh dinding dalam rumah selang menyebabkan kawat kabel lama kelamaan akan kalah lalu putus sehelai demi sehelai,oleh karena itu perlu perawatan berkala, cukup dengan diberi minyak/pelumas.
Paling sering dialami para pengguna Thunder adalah sering putusnya kabel Speedometer, RPM dan kabel kopling, salah satu penyebabnya karena kurang sering diberi pelumas, dan mungkin jalur kabel yang terlalu banyak sudut yang berliku-liku ataukabel yang seperti terlalu tercekik.
Untuk perawatannya:
  • cukup baut handle (untuk kabel Kopling), dan buka niple yang ada distut(tuas kopling) dibagian mesin (dibawah), setelah terlepas semua bersihkan kawat kabel dengan bensin, agar semua kotoran yang rontok dapat turun kebawah, setelah itu masukan pelumas dengan cara diteteskan pada kawat kabel tadi  sambil ditarik keatas kebawah, gunanya agar pelumas bisa terserap semua hingga kabel yang paling bawah. Ingin cara yang lebih mudah dan cepat bisa juga dengan hanya melepas baut dan melepas kabel kopling dari handle lalu diteteskan pelumasnya kedalam kabel sambil ditarik ulur, ketas kebawah, hanya kurang maksimal dan kotoran yang turun pun tidak semua dan turun kemesin. Atur kembali jalur kabel lebih baik cari jalur yang mana tidak membuat kabel terlalu banyak sudut/lekukan dan membuatnya seperti terhimpit, biarkan kabel sedikit bebas disamping beban gesekan kabel lebih sedikit juga saat kabel ditarik akan terasa lebih enteng.
  • Untuk Kabel Speedometer dan RPM, harus melepas terlebih dahulu baut yang mengikat dibawah rumah speedometer.  Ingin lebih leluasa lepas terlebih dahulu lampu depan agar memudah kan saat membuka atau memasangnya kembali. Lepaskan pula bagian bawah didekat tromol roda depan (untuk kabel Speedometer) dan diblok head silinder bagian kiri atas, lakukan hal yang sama yaitu bersihkan dengan bensin agar kotoran yang menumpuk terlepas/rontok dan turun kebawah. setelah itu beri pelumas pada kawat kabelnya, lalu ujung-ujung kabel tadi sebelum dipasang diberi Gemuk(Grease). 
  • Kabel Gas, Lepas kabel dari Rumah saklar sebelah kanan dan kabel pada karburator. lakukan hal yang sama seperti diatas, bersihkan dengan bensin/4WD, lalu beri pelumas pada kawat kabel dan beri gemuk disekiling dalam saklar, untuk mengurangi gesekan pada selongsong gas jangan lupa pula untuk gas, diberi pelumas setang pada bagian selongson gas, disamping itu pula akan lebih terasa ringan saat menarik gas, dan tangan jadi ngga gampang pegel.
Selamat mencoba, ini gue coba karena ini penyakit ini dulu sering terjadi di motor Thunder gue, padahal Kabel-kabel belum lama diganti. Untuk para rider yang lain mungkin juga sudah paham/ngerti akan hal ini dan cara mengatasinya, atau bahkan ada cara lain yang lebih jitu.
Untuk Pelumas saya biasa menggunakan minyak Singer (yang biasa digunakan untuk mesin Jahit) pakai minyak ini kotoran akan turun semua dan akan mengental seperti Grease jadi ga perlu pake bensin dulu juga ga pa pa. , 4WD untuk membersihkan dari kotoran, Pelumas model SPray untuk melumasi kabel-kabel kawat dll lebih mudah dan praktis.
Lakukkan perawatan ini secara berkala, rasakan bedanya. Terasa lebih ringan dan enteng saat kita tarik gas/kopling dan kawat kabel pun akan lebih awet. hehehehehehehe

sekian,
take care ur bike for ur own comfortable.


1 comment:

Anonymous said...

kalo di urut pake minyak itu kabelnya jadi gede ngga? hehehe

cuma lancar dowang yah hehehe